Cari Artikel Disini?

Home » » Mengenal Tanaman Sawo

Mengenal Tanaman Sawo

Buah Sawo Tunggal
Juragan Tanaman - Tanaman Buah Sawo, tidak heran kalau tanaman disamping mampu tumbuh tinggi hingga 20 sampai 39 meter, dengan batang pohon yang cukup besar dan warna kulit berwarna coklat tua tanaman sawo mampu tumbuh subur diwilayah asia tenggara termasuk di indonesia, kalau dilihat-lihat batangnya mempunyai kepadatan yang cukup dan biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan perabotan, ukir-ukuran serta patung karena batang dari tanaman sawo sangat tahan terhadap jamur ataupun serangga. Tanaman ini juga banyak mengandung getah putih susu yang bernama Lateks, tanaman sawo diperkirakan berasal dari Amerika Tropis seperti Guatemala atau Meksiko.

Buah sawo atau dengan nama lain Achras Sapota mempunyai banyak nama yang berbeda seperti di negara lain buah sawo juga disebut dengan nama tsiko (Filipina), ciku (Malaysia), chikoo atau sapota (India), sofeda (Bangladesh), xa pô chê atau hồng xiêm (Vietnam), dan masih banyak lagi nama dari buah tersebut. 

Bentuk dari buahnya seperti telur ayam berwarna coklat tua dengan kulit tipis dan permukaan terlihat sisik kasar, mempunyai biji berwarna hitam mengkilap bahkan dalam satu buah sawo bisa mencapai 5 sampai 12 butir biji didalamnya, tapi umumnya hanya ada 6 butir saja, cara budidayanya juga cukup mudah biasanya dengan cara cangkok atau menanam bijinya saja, selain buahnya ternyata getah dari Tanaman Sawo juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar Pembuatan Permen Karet alami.

Daun Tanaman Sawo
Tanaman Sawo mempunyai daun tunggal berwarna hijau tua dengan bunga yang mempunyai kelopak 6 buah, berwarna coklat serta bergerombol dan terletak pada bagian ketiak daunnya.

Tanaman ini mampu berbunga maupun berbuah sepanjang tahun, uniknya meskipun masih mentah buah bisa dipanen dan disimpan sampai 3 atau 7 hari ditempat yang kering untuk menjadi masak dan lunak sehingga bisa dimakan atau dikonsumsi, agar buah sawo mampu bertahan lama usahakan untuk diawetkan ke dalam lemari pendingin

Selain karena rasa buahnya cukup manis dan daging buahnya terasa lembut serta aroma buahnya yang harum.

Ternyata Buah dari Tanaman Sawo bisa dipakai untuk Kesehatan seperti Obat Diare, Obat Disentri, Obat Radang Mulut, Obat Diabetes, Obat Rematik, baik untuk Kulit, Jantung, Pembuluh DarahTulang, Ginjal atau Kesehatan Mata.

Buah Sawo juga banyak mengandung berbagai macam Vitamin A, Vitamin E, Vitamin C, Vitamin B1, Zat Besi, Fosfor, Kalsium, Karbohidrat, Lemak dan Protein

Sekedar untuk catatan saja sebaiknya buah sawo tidak boleh diberikan kepada bayi karena di khawatirkan getah dari buah sawo tersebut bisa mengganggu saluran pencernaannya.

Batang Tanaman Sawo
INGGRIS Language 
Skipper Chrysophyllum Fruit plants, no wonder if the plant in addition to being able to grow tall and 20 to 39 yards, with a fairly large tree trunks and dark brown colored skin tone sawo plants capable of thriving region of southeast asia, including in indonesia, because the body has sufficient density is typically utilized in the manufacture of furniture, sculpture and carving because it stems from the plant as highly resistant to fungus and insects. These plants also contain lots of white Milky SAP called LaTeX, fruit crops estimated to originate from Tropical America like Guatemala or Mexico.

Manilkara fruit or with another name Achras Sapota has many different names in other countries such as the fruit of sapodilla fruit also known by the name of tsiko (Philippines), ciku (Malaysia), chikoo or sapota (India), sofeda (Bangladesh), xa pô chê hồng xiêm or (Viet Nam), and the name of the fruit.

The shape of the fruit, such as chicken eggs are dark brown with thin skin and the surface looks rough scales, has a glossy black colored seed even in a single fruit of sapodilla fruit can reach 5 to 12 grains of beans in it, but generally there are only 6 items only, has also quite easy way usually by means of grafting or planting the seeds only, in addition to the fruit turns the SAP of the Sapodilla Fruit Crops are also utilized as the raw material manufacture of natural Gum.

Buah Sawo Coklat
Sawo plants have a single dark green leaves with a flower has petals 6 pieces, Brown and huddle and located at the armpits leaves, this plant is capable of flowering and fruiting all year round.

Although still uniquely raw fruit can be harvested and stored for up to 3 or 7 days in a dry to become ripe and soft so that it can be eaten or consumed, so that the fruit of sapota able to survive long end eavoured to preserved in the refrigerator

In addition because of the fruit flesh and fruit is sweet enough to feel soft and fragrant fruit aroma, the fruit of the plant turns out of Sapodilla fruit can be used for health such as Drug Drug dysentery, diarrhoea, Sore mouth, Drugs Medicine Diabetes.

Rheumatism Medicine, good for the skin, heart, blood vessels, bone, kidney or eye health.

Manilkara fruit also contain a variety of Vitamin A, Vitamin E, Vitamin C, Vitamin B1, iron, phosphorus, calcium, carbohydrates, fats and proteins.

Just for the record alone should be the fruit of sapodilla fruit should not be given to babies for fear of the sapota fruit SAP could interfere with her digestive tract.

Ditulis Oleh : Qiral Bima Josha ~Juragan Tanaman

Juragan Tanaman Blog Anda sedang membaca artikel berjudul Mengenal Tanaman Sawo yang ditulis oleh Juragan Tanaman Informasi Macam-Macam Tanaman Dalam Bentuk Sebuah Rangkuman Silahkan anda berkomentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA serta komentar harus sesuai dengan isi dari artikel diatas, besar harapan saya atas setiap komentar ayang anda berikan, terima kasih atas kunjungannya diblog Juragan Tanaman ini, apabila anda COPAS semua artikel diatas mohon mencantumkan sumber artikelnya.

Blog, Updated at: 06:47

20 comments:

  1. bukan saja rasanya yang nikmat, ternyata banyak mengandung vitamin juga mas...
    tapi sekarang saya tidak bisa lagi menikmati sawo mas, karena sudah di potong pohonnya, jadi harus beli mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mung karena pohonnya sudah terlalu besar kali mas ehwansah..makanya sekarang dipotong.. beli malah bisa memilih yang besar2 mas..

      Delete
    2. karena sudah tua pohonya mas. jadi di tebang saja... :) sudah mulai berlubang-lubang gitu pohonnya.. :)
      kalau yang besar-besar harganya mahal-mahal kali mas...

      Delete
    3. nggak mahal kok mas :D kalo pohon sendiri mah wkwkwk

      Delete
  2. Satu yang paling Saya suka dari pohon sawo Mas, gak pernah ada musim nya, selalu berbuah sepanjang bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa iya sih mas gondes...kalau ditempat saya (pontianak) malah sawo susah di dapat. dapatnya paling ditempat penjual juice.

      Delete
  3. betul sekali mas...yang jelas awet..berbuah terus

    ReplyDelete
  4. Maaf..lambat membuat kunjungan balas di sini..salam kenal :)

    Kalau di lihat pada rupa buah itu..rasanya kalau di sini dipanggil buah ciku..
    Rasanya manis dan enak..

    ReplyDelete
  5. Buah Sawo ini buah kesukaan saya lohh sob :D hehe dan jujur saya baru tahu nih ternyata getahnya digunakan sebagai bahan dasar permen karet yah hmmm kereenn infonya :)

    ReplyDelete
  6. ada beberapa pohon sawo di samping dan belakang rumah saya yang di desa, tapi taklah pernah memahami kedalam tentang seluk beluk pohon sawo ini, taunya sawo kalau udah mateng manis...udah itu doang

    ReplyDelete
  7. mantab. buah sudah terlihat enak apalagi kalau di juice. seger gan....

    ReplyDelete
  8. Sawoooo, jarang menemukan buah yg satu ini di warung-warung terdekat padahal rasanya manis banget hihihi

    ReplyDelete
  9. buah kesukaan aku banget tuh hehehe tapi sayang buah ini jarang ada di warung harus ke pasar kalo mau nyari :(

    ReplyDelete
  10. sekarang ane jarang liat buah sawo

    ReplyDelete
  11. emang benar ya mas, kalau buah sawo itu tidak pernah matang dipohon seperti buah-buah lainnya, sebabnya kenapa ya,.?

    ReplyDelete
  12. buah sawo mah kesukaan abah .. mksh infona kang

    ReplyDelete
  13. Mungkin sawo tidak boleh ke bayi yang masih batita kali yah

    ReplyDelete
  14. hmmmm sawoo. sekarang sudah jarang sekali , padahal sawo ini saya sangat doyan sekali, rasanya maniss bingittt muhehehhe

    ReplyDelete
  15. Aku suka sawo, uda nanam juga pohonnya di depan rumah.. Jadi bisa panen sendiri

    ReplyDelete

Powered by Blogger.
Copyright © 2014. Juragan Tanaman - All Rights Reserved
Template by seocips.com
Template Published by template.areasatu.com
Powered by A1
Back to top